ALI TUTUPOHO'S

Jumat, 28 Juni 2013

Sekilas Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura

Berdasarkan payung visi Fakultas Ekonomi Uniersitas Pattimura, maka visi program studi Ekonomi Pembangunan  adalah menjadi program studi yang unggul dibidang analisis ekonomi dan pusat kajian pembangunan ekonomi kepulauan di Maluku.  Sehingga mampu bersaing dalam  memberikan pikiran – pikiran ilmiah yang bersifat teoritik dan praktis terhadap pengembangan  Ekonomi kepulauan di Maluku dan Indonesia Umumnnya.

Berkaitan  dengan visi di atas, program studi ekonomi pembangunan, mengemban tiga misi, yaitu:

1.             Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang berkualitas guna menghasilkan sumberdaya manusia yang handal dan dapat memenuhi permintaan pasar kerja.
2.             Melaksanakan Penelitian dan Kajian-kajian ilmiah secara intens guna menghasilkan konsep-konsep strategis, inovasi serta temuan-temuan baru di bidang ekonomi dan pembangunan kepulauan.
3.             Melakukan kegiatan-kegiatan yang mengarah pada diseminasi dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ekonomi sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dan berkontribusi bagi pembangunan daerah.

Berdasarkan  visi dan misi di atas, maka program studi ekonomi pembangunan mempunyai tujuan untuk: menciptakan lulusan yang berkualitas secara menyeluruh baik dari segi emosional,spiritual dan leadhership serta mampu untuk menjawab kebutuhan pasar tenaga kerja dengan menjaga hubungan kerjasama antara alumni serta stakeholder lainya. Selain itu menjadikan program studi ini sebagai pusat kajian kepulauan.

Agar dapat tujuan yang diharapkan dapat dicapai ,maka ditetapkan sasaran oleh program studi ekonomi pembangunan, yaitu:

1.             Dalam hal pendidikan dan pengajaran. Menghasilkan lulusan dengan rata-rata IPK > 2,75, masa studi rata-rata 9 semester, masa tunggu memperoleh pekerjaan rata-rata < 1 tahun, memiliki integritas dan kemampuan leadership.
2.             Dalam hal penelitian. Meningkatkan penelitian di kalangan dosen, maupun mahasiswa yang dipublikasikan dalam jurnal-jurnal terakreditasi di tingkat lokal, nasional maupun internasional, dengan jumlah publikasi bagi keseluruhan mahasiswa rata-rata 3 artikel ilmiah tiap tahun dan setiap dosen mempublikasikan minimal 1 artikel setiap tahunnya.

Dalam hal pengabdian masyarakat. Meningkatkan kegiatan pengabdian secara proaktif dan berkesinambungan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dengan pencapaian setiap dosen adalah minimal 1 kegiatan pengabdian mandiri tiap tahun, dan kegiatan institusi rata-rata 3 kegiatan pengabdian tiap tahunnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar