ALI TUTUPOHO'S

Kamis, 27 Juni 2013

BORANG ( STANDAR 3 )


Standar  3
KEMAHASISWAAN DAN ALUMNI


3.1. Profil Mahasiswa dan Lulusan

3.1.1. Jumlah Mahasiswa Reguler1) dan Lulusannya Dalam Lima Tahun Terakhir

Tahun Akademik
Daya Tam
pung
Jumlah Calon Mahasiswa Reguler
Jumlah Mahasiswa Baru
Jumlah Total Mahasiswa
Jumlah Lulusan

IPK
Lulusan Reguler
Persentase Lulusan Reguler
dengan IPK :
Ikut Seleksi
Lulus Seleksi
Regular bukan Transfer
Transfer-(3)
Reguler
bukan Transfer
Transfer(3)
Reguler bukan Transfer
Transfer(3)
Min
Rat
Mak
< 2,75
2,75-3,50
> 3,50
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
(10)
(11)
(12)
(13)
(14)
(15)
(16)
2006
131
235
133
74
0
481
0
36
0
2,59
3,01
3,49
12,12
84,85
3,03
2007
131
537
144
77
0
418
0
65
0
2,35
2,80
3,49
52,72
42,27
0
2008
131
344
88
64
0
347
0
67
0
2,28
2,80
3,38
47,76
52,24
0
2009
131
86
85
82
0
320
0
58
0
2,26
2,93
3,36
12,07
87,93
0
2010
131
150
75
60
0
279
0
36
0
2,43
2,83
3,56
44,44
52,78
2,78
Jml
655
1352
525
375
0
1845
0
262
0







Catatan:
Min   : IPK Minimum ; Rat : IPK Rata-rata ;  Mak : IPK Maksimum     
(1)     Mahasiswa program reguler adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara penuh waktu (baik kelas pagi, siang, sore, malam, dan di seluruh kampus).
(2)     Mahasiswa program non-reguler adalah mahasiswa yang mengikuti program pendidikan secara paruh waktu.
(3)     Mahasiswa transfer adalah mahasiswa yang masuk ke program studi dengan mentransfer mata kuliah yang telah diperolehnya dari PS lain, baik dari dalam PT maupun luar PT.


3.1.2. Program Studi Ilmu Ekonomi Tidak Memiliki Mahasiswa Program Non-
           Reguler

Tahun Akademik
Daya Tampung
Jumlah Calon Mahasiswa 
Jumlah Mahasiswa Baru
Jumlah Total Mahasiswa
Ikut Seleksi
Lulus Seleksi
 Non Reguler
Transfer(3)
Non Reguler
Transfer(3)
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
2006






2007







2008







2009







2010







Jumlah







3.1.3.   Pencapaian prestasi/reputasi mahasiswa dalam tiga tahun terakhir di bidang akademik dan non-akademik (misalnya prestasi dalam penelitian dan lomba karya ilmiah, olahraga, dan seni)

No.
Nama Kegiatan dan Waktu Penyelenggaraan
Tingkat
(Lokal, Nasional, atau Internasional)
Prestasi yang Dicapai




(1)
(2)
(3)
(4)
A
Prestasi Akademik
1
Tahun 2007
7 orang Mahasiswa
Nasional
Menerima beasiswa BKM
2
Tahun 2007
2 orang Mahasiswa
Nasional
Menerima beasiswa dari Bank Indonesia (BI)
3
Tahun  2008
Mahasiswa Angkatan :
2003 : 2 oranag
2004 : 2 orang
2005 : 1 orang
Regional
Menerima Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
6
Prestasi Akademik
Tahun 2008
Mahasiswa angkatan :
2008  :  1 orang
Nasional
Menerima beasiswa dari Bank Rakyat Indonesia (BRI)

7
Tahun 2008
Mahasiswa Angkatan :
2004  :  2 orang
2005  :  2 orang
2006  :  2 orang
2007  :  3 orang
2008  :  2 orang

Nasional

Menerima beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik dari Ditjen Dikti
8
Tahun 2009
Mahasiswa Angkatan :
2006  :  2 orang
Nasional
Menerima beasiswa dari Bank Indonesia (BI)
9
Tahun 2009
Mahasiswa angkatan :
2005  : 11 orang
2006  :   8 orang
2007  :   7 orang
2008  :   9 orang
Nasional
Menerima beasiswa BKM
10
Tahun 2009
Mahasiswa angkatan :
2009  : 3  orang
Nasional
Menerima beasiswa dari BUMN
11
Tahun 2009
Mahasiswa angkatan :
2005  : 3 orang
2006  : 7 orang
2007  : 4 orang
2008  : 2 orang
Nasional
Menerima beasiswa Bahan Bakar Minyak (BBM)
12
Tahun 2009
Mahasiswa angkatan
2006  : 3 orang
Nasional
Menerima beasiswa dari Yayasan Supersemar
13
Tahun 2010
Mahasiswa angkatan :
2007  : 2 orang
Nasional
Menerima beasiswa dari Bank Indonesia (BI)
14
Tahun 2010
Mahasiswa angkatan :
2007  : 3 orang
2008  : 4 orang
2009  : 4 orang
2010  : 2 orang
Nasional
Menerima beasiswa peningkatan prestasi akademik (PPA) dari Ditjen Dikti Kemendiknas
15
Tahun 2010
Mahasiswa angkatan :
2006  : 9 orang
2007  : 4 orang
2008  : 4 orang
2009  : 9 orang
2010  : 5 orang
Nasional
Menerima beasiswa Bahan Bakar Minyak (BBM)
B
Prestasi Non Akademik
16
Tahun 2008
Kejuaran Taekwondo (Yeana L)


Nasional


Juara II
17
Tahun 2008
Kejuaran Taekwondo (Adventia,S)


Regional


Juara II
18
Tahun 2008
Kejuaran Sepak Bola MIPA Cup
(Sandrico,S)


Regional


Top Score
19
Tahun 2009
Decan Cup
Regional
Juara II
20
Kejuaran Futsal
Regioal
Juara II







3.1.4.  Jumlah mahasiswa reguler tujuh tahun terakhir

Tahun Masuk
Jumlah Mahasiswa Reguler per Angkatan pada Tahun*
Jumlah Lulusan s.d. TS
(dari Mahasiswa Reguler)
2004
2005
2006
2007
2008
2009
2010
(1)
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
2004
(a)=  40
39
39
39
38
25
(b)=10
(c)= 28
2005

40
38
38
38
27
22
16
2006


74
74
74
71
58
13
2007



(d) =  77
35
33
(e) =29
(f) =0
2008




64
58
50

2009





82
50

2010






60

Catatan:
* Tidak memasukkan mahasiswa transfer.
-  Huruf-huruf a, b, c, d, e, dan f  tetap dicantumkan sesuai dengan petunjuk
   pengisian borang.

3.2. Layanan kepada Mahasiswa 
Jenis pelayanan kepada mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan, adalah sebagai berikut :
No.
Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa
Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya
(1)
(2)
(3)
1.
Bimbingan dan konseling
Kegiatan bimbingan dan konseling kepada mahasiswa program studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura dilakukan dalam bentuk :

1.    Bimbingan Akademik oleh Penasehat Akademik.
Penasehat akademik melaksanakan pembimbingan/permentoran kepada mahasiswa binaannya (ditetapkan dengan SK Dekan) selama proses studi mahasiswa yang bersangkutan.Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pemberian pengarahan kepada mahasiswa binaan pada tahapan perencanaan studi di setiap awal semester berupa pengisian Kartu Rencana Studi (KRS). Bagi mahasiswa baru (semester ke-1), jumlah beban studi (SKS) yang dianjurkan meliputi total SKS untuk seluruh mata kuliah yang dijadwalkan/ditawarkan. Sedangkan bagi mahasiswa semester ke-2 dan sampai semester akhir, beban SKS untuk seperangkat Mata Kuliah pada semester akan akan dilalui disesuaikan dengan Indeks Prestasi (IP) yang berhasil diperoleh mahasiswa pada semester sebelumnya. Pada akhir semester, penasehat akademik melakukan evaluasi atas prestasi mahasiswa binaannya, disertai dengan pembinaan dan/atau motivasi agar mahasiswa binaannya dapat lebih berprestasi pada semester berikutnya. Tugas penasehat akademik, juga mencakup pembinaan kepada mahasiswa binaannya dalam rangka persiapan penyelesaian studi.

2.    Bimbingan Penyelesaian Studi Akhir.
Kegiatan ini dilakukan oleh dosen pembimbing mahasiswa dalam rangka penelitian untuk penyusunan Skripsi Sarjana Lengkap (S1). Aktivitas pembimbingan diawali dari penulisan usulan penelitian Skripsi, pelaksanaan seminar usulan penelitian Skripsi, pelaksanaan penelitian pasca seminar, penulisan skripsi, dan pelaksanaan ujian Skripsi.

3.    Konseling
Konseling secara khusus ditangani oleh Badan Bimbingan dan Konseling Universitas Pattimura, sehingga setiap mahasiswa yang memerlukan jasa konseling (misalnya untuk pindah program studi intra dan/agtau antar fakultas) dapat berhubungan langsung dengan badan tersebut.

2
Kegiatan Minat dan Bakat (Ekstra Kurikuler)
Kegiatan Ekstra Kurukuler yang lazim dilaksanakan adalah :
1.    Pelaksanaan Seminar, lokakarya, dan kegiatan sejenis lainnya.
2.     Penyertaan mahasiswa dalam seminar, pelatihan, lokakarya dan kegiatan sejenisnya di luar Universitas Pattimura.
3.    Penyertaan mahasiswa dalam lomba/kejuaraan olah raga di luar Universitas Pattimura.
4.    Pelaksanaan lomba/kejuaraan olah raga oleh DPMF Fakultas Ekonomi Unpatti.
5.    Penyertaan mahasiswa dalam kegiatan pecinta alam.
6.    Penyertaan mahasiswa dalam lomba seni di luar Universitas Pattimura.
7.    Penyertaan mahasiswa dalam lomba seni dalam lingkup Universitas Pattimura.
3
Pembinaan Mental dan Keterampilan
Pembinaan oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas
Kegiatan yang dilakukan adalah :
1.    OSPEK bagi mahasiswa baru.Kegiatan ini dilaksanakan pasca registrasi mahasiswa angkatan terakhir, yaitu pada awal semester Gasal tahun berjalan. Kegiatan yang dikoordinir oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPMF) ini dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan dan/atau keterampilan bagi mahasiswa baru, agar tidak canggung dalam menjalani proses studi pada lembaga pendidikan tinggi, khususnya pada program studi yang dipilih.

2.    Pelatihan Kepemimpinan.
Kegiatan ini secara rutin/tahunan dilaksanakan oleh DPMF dalam bentuk pelatihan dasar kepemimpinan bagi para mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Jurusan pada ketiga jurusan/prodi yang ada.

3.    Kegiatan Kerohanian. Kegiatan ini dikoordinir oleh lembaga-lembaga kerohanian pada tingkat Universitas dan Fakultas dalam bentuk aktivitas dakwah atau yang sejenisnya. Pelaksanaan Dakwah dikoordinir oleh Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Universitas Pattimura dan bersifat rutin sesuai dengan kelender dakwah yang telah ditentukan. Selain itu, terdapat pula kegiatan dakwah yang dikoordinir secara temporer oleh lembaga Majelis Ta’Lim Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura, yang secara organisatoris terkoordinasi dengan DPMF Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura.
4
Pemberian Beasiswa
Beasiswa diberikan kepada para mahasiswa yang berprestasi pada bidang akademik dan/atau kepada para mahasiswa berlatarbelakang keluarga ekonomi lemah tetapi memiliki prestasi akademik yang relatif baik. Jenis beasiswa (beserta persyaratannya) yang diterima mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura adalah :
1.    Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA).
Syarat penerima :
a)    Tercatat sebagai mahasiswa tahun akademik berjalan
b)    Aktif mengikuti kuliah
c)    Indek Prestasi (IP) Komulatif minimal 2,75
d)    Berada pada semester III

2.    Beasiswa BBM
Syarat penerima :
a)    Tercatat sebagai mahasiswa tahun akademik berjalan
b)    Aktif mengikuti kuliah
c)    Indek Prestasi (IP) Komulatif minimal 2,50
d)    Berada pada semester III
3)   Beasiswa BKM
      Syarat penerima
a)    Masih aktif sebagai mahasiswa mulai semester II s/d dinyatakan belum lulus sampai Desember tahun berjalan
b)    Tidak mampu secara ekonomi
c)    Tidak menerima beasiswa dari sumber lain dalam tahun anggaran berjalan
d)    IPK minimal 2,50
e)    Bukan pegawai negeri/swasta
    
4      Beasiswa Bank Indonesia
      Syarat penerima
a)    Tercatat sebagai mahasiswa tahun akademik berjalan
b)    Aktif mengikuti kuliah
c)    IP Per semester minimal 3,00
d)    Belum pernah menerima beasiswa dari BI
e)    Tidak pernah menerima beasiswa dari sumber lain
f)     Berkelakuan baik

5)  Beasiswa Bank Rakyat Indonesia
      Syarat penerima
a)    Tercatat sebagai mahasiswa tahun akademik berjalan
b)    Aktif mengikuti kuliah
c)    IPK minimal 2,75
d)    Serendahnya berada pada semester III
e)    Tidak pernah menerima beasiswa dari sumber lain

6)  Beasiswa Supersemar
      Syarat penerima
a)    Mahasiswa berprestasi dari keluarga kurang mampu yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Lurah/Kepala Desa.
b)    Telah menyelesaikan minimal 25% jumlah kredit yang disyaratkan untuk program S1 atau D3 yang diambil
c)    Memiliki IPK minimal 2,70
d)    Berusia maksimum 25 tahun
e)    Tidak sedang menerima beasiswa lain dalam tahun berjalan
f)     Mendapat rekomendasi dari pimpinan Perguruan Tinggi tempat pemohon belajar.
5
Pelayanan Kesehatan
Pelayanan kesehatan diberikan kepada mahasiswa yang membutuhkan layanan kesehatan akibat sakit, kecelakaan dan/atau sebab lain oleh Poliklinik Universitas Pattimura yang berlokasi di lantai 1 Gedung Rektorat Unpatti. Jenis layanan pada poliklinik ini masih bersifat layanan darurat  atau pertolongan pertama dan/atau penanganan atas penyakit yang relatif mudah untuk diobati. Pelayanan kesehatan lanjutan dan/atau yang bersifat kompleks dapat dirujuk pada Puskesmas, dan bisa berlanjut ke rumah sakit rujukan oleh Puskesmas.



3.3. Evaluasi Lulusan

3.3.1.   Evaluasi Kinerja lulusan oleh Pihak Pengguna Lulusan

Studi pelacakan (tracer study) untuk mendapatkan hasil evaluasi kinerja lulusan dengan pihak pengguna:

tidak ada
 
ada

Studi pelacakan kinerja lulusan dengan metode penelitian deskriptif secara kontinyu mulai dilakukan sejak tahun 2008 dengan sasaran untuk mengidentifikasi profil kinerja lulusan serta umpan balik dari para pengguna alumni di berbagai instansi pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan lembaga usaha swasta formal. Variabel yang diteliti adalah respons pengguna terhadap kinerja alumni dengan tujuh indikator masing-masing :
1)    Integritas (moral dan etika)
2)    Keahlian berdasarkan bidang ilmu (profesionalisme)
3)    Penguasaan bahasa inggris
4)    Penggunaan teknologi informasi
5)    Komunikasi
6)    Kerjasama tim, dan
7)    Pengembangan diri

Survai terakhir dilakukan pada semester pertama tahun 2011, dengan responden survai terdiri dari pengguna lulusan, yaitu pimpinan dan/atau atasan langsung alumni pada instansi kerja lulusan. Instrumen survai berupa daftar pertanyaan atau kuisioner yang diserahkan langsung oleh pengumpul data pada saat survai dilaksanakan. Hasil survai terhadap 15 responden / pengguna lulusan menunjukkan bahwa  secara umum persepsi penggunan  terhadap kinerja dan kemampuan lulusan program studi ilmu ekonomi adalah baik. Berikut adalah rekapitulasi hasil survai respons/tanggapan pengguna alumni.

Tabel : Respons Pengguna Lulusan Program Studi Ekonomi Pembangunan
Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura


No
Jenis Kemampuan
Tanggapan Pihak Pengguna
Rencana Tindak Lanjut Oleh Program Studi

Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang


[1]
[2]
[3]
[4]
[5]
[6]
[7]

1
Integritas (Etika dan Moral)
26,67
66,67
66,67
0
Meningkatkan soft skill melalui seminar dan pelatihan, seperti seminar up your image .

2
Keahlian Berdasarkan Bidang Ilmu
(Prpfesionalisme)
40
53,33
6,67
0
Memperluas  penerapan metode active learning

3
Bahasa Inggris
0
53,33
33,33
13,33
1.       Meningkatkan penggunaan bahasa inggris, terutama untuk mata kuliah dasar dan mata kuliah konsentrasi
2.       Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengikuti kursus bahasa inggris yang akan dikoordinasi oleh Fakultas

4
Penguasaan Teknologi Informasi
33,33
46,67
13,33
6,67
1.       Mendorong mahasiswa agar makin akrab dengan teknologi informasi melalui peningkatan beban tugas yang penyelesaiannya memerlukan jasa teknologi informasi
2.       Meningkatkan intensitas kegiatan pratikum mahasiswa dengan memanfaatkan fasilitas laboratorium komputasi
3.       Melengkapi fasilitas sistem informasi fakultas berbasis teknologi informasi


No
Jenis Kemampuan
Tanggapan Pihak Pengguna
Rencana Tindak Lanjut Oleh Program Studi

Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang


[1]
[2]
[3]
[4]
[5]
[6]
[7]

5
Komunikasi
13,33
86,67
0
0
1.       Meningkatkan  kemampuan berkomunikasi secara lisan melalui peningkatan kegiatan diskusi dan/atau seminar kelas
2.       Mendorong mahasiswa untuk makin aktif dalam kegiatan temu ilmiah dalam lingkungan kampus dan luar kampus
3.       Mengintensifkan penugasan karya ilmiah untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi secara tertulis
4.       Mendorong mahasiswa untuk lebih aktif dalam organisasi intra dan ekstra kurikuler


No
Jenis Kemampuan
Tanggapan Pihak Pengguna
Rencana Tindak Lanjut Oleh Program Studi

Sangat Baik
Baik
Cukup
Kurang


[1]
[2]
[3]
[4]
[5]
[6]
[7]

6
Kerjasama Tim
53,33
40
6,67
0
1.       Meningkatkan intensitas penugasan  kelompok  untuk meningkatkan kerjasama antar-anggota kelompok
2.       Meningkatkan keterlibatan mahasiswa dalam berbagai panitia dan/atau tim untuk suatu kegiatan penunjang Tupoksi Program Studi dan/atau Fakultas
3.       Meningkatkan kegiatan penelitian kelompok mahasiswa dan/atau kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dikoordinasi oleh DPMF dan/atau program studi

7
Pengembangan Diri
20
66,67
13,33
0
       Mendorong kesertaan mahasiswa dalam berbagai kegiatan peningkatan prestasi akademik dan non akademik (seperti penelitian, seni dan olah raga)


Sumber : Laporan Penelitian Respons Pengguna Lulusan tahun 2008

(*) persentase respons pihak pengguna = [(jumlah respons pada peringkat) : (jumlah respons yang ada)] x 100


3.3.2. Rata-rata waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan yang pertama kurang dari  1 2 bulan
           
Identifikasi lama waktu tunggu alumni sebelum memperoleh pekerjaan dilakukan melalui survai profil dan partisipasi alumni. Survai dilaksanakan sebelum pelaksanaan survai respons pengguna alumni, dengan 36 orang alumni sebagai sampel. Secara umum, hasil survai menunjukkan bahwa sebagian besar alumni membutuhkan waktu paling lama 6 (enam) bulan sebelum memperoleh pekerjaan pertama. Tabel berikut mendata hasil survai lama waktu tunggu untuk dua kegiatan survai.

              Tabel : Waktu Tunggu Memperoleh Pekerjaan Pertama
Tahun penelitian
Jangka Waktu Memperoleh Pekerjaan
Persentase
(1)
(2)
(3)
2008
Kurang dari 6 bulan
61,11
2010
Kurang dari 6 bulan
66,67
Sumber : Laporan survai Alumni,tahun 2008, 2010


3.3.3.   Persentase lulusan yang bekerja pada bidang yang sesuai dengan keahliannya

Identifikasi kesesuaian bidang keahlian alumni dengan sifat pekerjaannya juga dilakukan melalui survai profil dan partisipasi alumni. Survai dilaksanakan sebelum pelaksanaan survai respons pengguna alumni, dengan 36 orang alumni sebagai sampel. Secara umum, hasil survai menunjukkan bahwa hampir seluruh alumni menyatakan bahwa pekerjaan yang dijalankan saat ini adalah sesuai dengan bidang keahliannya. Tabel berikut mendata hasil survai kesesuaian bidang keahlian, untuk dua kegiatan survai.
                   Tabel : Kesesuaian Bidang Keahlian Alumni
Tahun penelitian
Persentase yang Sesuai Keahlian
(1)
(2)
2008
100
2010
100
Sumber : Laporan survai Alumni,tahun 2008, 2010

3.4.       Ikatan Alumni

Meski secara formal belum terbentuk, aktivitas alumni program studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura dalam sepuluh tahun terakhir ini telah makin terkoordinasi melalui wadah ikatan alumni Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura. Sampai saat ini, telah terbentuk dua pengurus Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura  (IKAFEPATTI) , masing-masing IKAFEPATTI Ambon dan Jakarta. Partisipasi alumni dalam mendukung aktivitas program studi, dan fakultas antara lain adalah :

1)    Pemberian sumbangan dana untuk membiayai kegiatan penunjang Tupoksi, seperti seminar dan/atau lokakarya yang diselenggarakan oleh progran studi dan/atau fakultas.
2)    Sumbangan fasilitas, termasuk bantuan BukuTeks dan bahan pustaka lainnya kepada program studi.
3)    Penyediaan fasilitas bagi program studi dan/atau fakultas guna mendukung aktivitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
4)    Pengembangan jaringan kerjasama dengan pemerintah daerah dan instansi lain dalam bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan, termasuk di dalamnya pengembangan jaringan alumni melalui wadah Ikatan Serjana Ekonomi Indonesia (ISEI), Forum Dekatan Fakultas Ekonomi Perguruan Tinggi Negeri Se-Indonesia, dan Asosiasi Fakultas Ekonomi PTN se-Indonesia.
5)    Berpartisipasi sebagai narasumber dalam kegiatan pelatihan, seminar, lokakarya dan kegiatan sejenisnya yang disenggarakan oleh program studi dan/atau fakultas.

Berikut adalah rekaputulasi profil dan partisipasi alumni program studi Ilme Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura, sesuai hasil survai terakhir, tahun 2010.


Tabel : Profil dan Partisipasi Alumni Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Pattimura
No
Nama Alumni
Ikatan Alumni
Kegiatan Alumni
Partisipasi Bagi Fakultas/Jurusan/Prodi

SumbDana
Sumb.        Fasilitas
Keg. Akademik
Pengemb
jaringan
Penyed. Fasilitas

Ya
Tdk


[1]
[2]
[8]
[9]
[10]
[11]
[12]
[13]
[14]
[15]

1
Dra Farida Salampesi M.Si
1

Temu Ilmiah


1



2
Dra Nur Asagaf M.Si
1

Temu Ilmiah
1


1


3
Drs Jeremias Eweubun

1




1


4
Atria Samal, SE
1

Temu Ilmiah






5
Hasna Ohorela SE. MSi
1

Temu Ilmiah



1


6
Dra Farida  Mony M.Si
1

Temu Ilmiah



1


7
Syawal Zakaria, SE,MSi
1

Temu Ilmiah






8
Drs. Muhammad Tuasikal

1







9
Muhammad Assel,SE

1




1


10
Rusdi Abidin,SE

1



1
1


11
Siti Rafiah Malawat
1

Temu Ilmiah



1


12
Susilo Sutrisno,SE
1

Temu Ilmiah

1




13
Hamdani Malawat
1

Temu Ilmiah






14
Drs. Usman Latuconsina
1

Temu Ilmiah






15
M.Thaib Bandjar,SE
1

Temu Ilmiah







Lanjutan
No
Nama Alumni
Ikatan Alumni
Kegiatan Alumni
Partisipasi Bagi Fakultas/Jurusan/Prodi

Sumb
Dana
Sumb.        Fasilitas
KegiatanAkademik
Pengemb
jaringan
Penyed. Fasilitas

Ya
Tdk


[1]
[2]
[8]
[9]
[10]
[11]
[12]
[13]
[14]
[15]

16
M. Yani Sukur

1







17
Martha Siahaan,SE

1




1


18
Rukmin Wilda Payapo
1

Temu Ilmiah
1
1
1
1
1

19
Elisabeth Bremer,SE

1







20
Inggrid Sahusilawane,SE
1

Temu Ilmiah
1





21
Drs. A. Sihasale
1

Temu Ilmiah
1





22
Drs. Thamrin Latuconsina
1

Temu Ilmiah
1
1


1

23
Drs. Petrus Tatipata
1

Temu Ilmiah
1
1

1
1

24
Drs.Fachrudin Ramly,MSi
1

Temu Ilmiah



1


25
DR.Djunaidi Rupilu,SE.,MSi
1

Temu Ilmiah



1


26
Drs. Johanes Horhoruw
1

Temu Ilmiah



1


27
Raflesh Edison,SE
1


1





28
Kurniaty Pelupessy,SE
1


1





29
Novalina Souisa,SE

1







30
Drs. Muh. Edy Saimima
1








31
Drs. Muh. Laisepa

1





1


Lanjutan
No
Nama Alumni
Ikatan Alumni
Kegiatan Alumni
Partisipasi Bagi Fakultas/Jurusan/Prodi

SumbDana
Sumb.        Fasilitas
Keg. Akademik
Pengemb
jaringan
Penyed. Fasilitas

Ya
Tdk


[1]
[2]
[8]
[9]
[10]
[11]
[12]
[13]
[14]
[15]

32
Sony Kailola,SE

1


1
1
1
1

33
Elva Siahainenia,SE
1








34
Delfana A.N. Leleulya
1








35
Robby Angel,SE
1








36
Sifri Magrib
1

Temu Ilmiah



1
1

Total
26
10

8
5
4
15
6

Prosentase
72,22
27,78

22,22
13,89
11,11
41,67
16,67



Sumber : Hasil Survai Alumni, Tahun 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar