ALI TUTUPOHO'S

Kamis, 27 Juni 2013

BORANG ( STANDAR 1 )


STANDAR 1
Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta strategi PENCAPAIAN

1.1    Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian

1.1.1     Mekanisme Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi, serta Pihak-pihak yang Dilibatkan.
Ketua Program Studi Ekonomi Pembangunan Membentuk Tim Penyusunan Renstra Program Studi yang salah satu tugas dari tim tersebut adalah merumuskan visi, misi dan sasaran Program Studi sebagai bagian integral dari Renstra.
Visi, misi, tujuan dan sasaran program studi mengacu pada visi misi dan rencana operasional (Renop) Fakultas dan Universitas Pattimura yang dirumuskan secara spesifik sesuai kebutuhan program studi. Setelah selesai dirumuskan visi, misi berikut renstra program studi dimatangkan dalam rapat pimpinan di tingkat Program Studi dan kemudian dibawa ke rapat senat Fakultas untuk disahkan.
Pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran adalah civitas akademika dalam lingkup program studi yang terdiri dari pimpinan program studi, dosen dan mahasiswa serta alumni dan stakeholder terkait.
1.1.2     Visi 
Dengan mengacu pada Visi Fakultas Ekonomi dan Visi Universitas Pattimura, yang senantiasa bersandar pada filosofi “Lou Hata-Lou Nusa” (Gugus Laut dan Gugus Pulau) serta Pola Ilmiah Pokok “Bina Mulia Kelautan”, maka visi Program Studi Ekonomi Pembangunan adalah:
“Menjadi Program Studi yang unggul di bidang analisis ekonomi dan  dan Pusat Kajian Pembangunan Ekonomi Kepulauan di Maluku”


1.1.3     Misi
1.    Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang berkualitas guna menghasilkan sumberdaya manusia yang handal dan dapat memenuhi permintaan pasar kerja
2.    Melaksanakan Penelitian dan Kajian-kajian ilmiah secara intens guna menghasilkan konsep-konsep strategis, inovasi serta temuan-temuan baru di bidang ekonomi dan pembangunan kepulauan
3.    Melakukan kegiatan-kegiatan yang mengarah pada diseminasi dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ekonomi sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat dan berkontribusi bagi pembangunan daerah.
1.1.4    Tujuan
1.    Terciptanya lulusan yang berkualitas dan handal secara intelektual, emosional, spiritual, dan leadership, serta mampu menjawab kebutuhan pasar kerja melalui pemantapan kurikulum yang relevan dan fleksibel, peningkatan kualitas tenaga pendidik serta perbaikan sarana dan prasarana yang memadai.
2.    Terwujudnya eksistensi Program Studi Ekonomi Pembangunan sebagai Pusat Analisis dan Kajian Pembangunan Ekonomi Kepulauan dengan memperbanyak riset dan pengkajian-pengkajian ilmiah serta pengembangan metodologi yang berbasis teknologi informasi
3.    Terbinanya hubungan, koordinasi, dan kerja sama yang  baik, profesional, terpadu dan berkesinambungan antara civitas akademika, jaringan alumni, serta stakeholder terkait seperti Lembaga Perguruan Tinggi lainnya, Pemerintah maupun Dunia Usaha.


1.1.4     Sasaran dan Strategi Pencapaian
Sasaran
Strategi Pencapaian
Pendidikan dan Pengajaran
Menghasilkan lulusan dengan rata-rata IPK > 2,75, masa studi rata-rata 9 semester, masa tunggu memperoleh pekerjaan rata-rata < 1 tahun, memiliki integritas dan kemampuan leadership.
1.   Pengembangan kurikulum program studi yang berbasis kompetensi, adaptif terhadap perubahan lingkungan internal maupun eksternal, relevan dengan kebutuhan pasar kerja serta menitikberatkan pada metodologi penelitian dan kemampuan analisis ekonomi.
2.   Peningkatan sarana dan prasarana akademik yang memadai untuk menunjang berlangsungnya proses belajar mengajar secara efektif dan kondusif
3.   Mendatangkan dosen tamu yang memiliki kualifikasi ilmiah dan tingkat kepakaran yang memadai baik tingkat lokal, nasional maupun internasional dalam momen tertentu seperti kuliah umum & seminar untuk memberikan pengetahuan dan informasi tambahan bagi mahasiswa maupun tenaga pendidik.
4. Menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal  
Penelitian
Meningkatkan penelitian di kalangan dosen, maupun mahasiswa yang dipublikasikan dalam jurnal-jurnal terakreditasi di tingkat lokal, nasional maupun internasional, dengan jumlah publikasi bagi keseluruhan mahasiswa rata-rata 3 artikel ilmiah tiap tahun dan setiap dosen mempublikasikan minimal 1 artikel setiap tahunnya.
1.   Menyediakan sarana dan prasarana penunjang bagi kegiatan penelitian seperti bank data, laboratorium komputasi, serta penyediaan media publikasi (jurnal).
2.   Melakukan pelatihan metodologi penelitian, metode kuantitatif, statistik dan ekonometrik serta mengikutsertakan dosen dan mahasiswa pada kegiatan pelatihan serupa yang diselenggarakan pada tingkat nasional.
3.   Revitalisasi fungsi dan peran laboratorium sebagai wadah penggalakkan riset dan kajian serta pengembangan metodologi analisis.
Pengabdian Kepada Masyarakat
Meningkatkan kegiatan pengabdian secara proaktif dan berkesinambungan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dengan pencapaian setiap dosen adalah minimal 1 kegiatan pengabdian mandiri tiap tahun, dan kegiatan institusi rata-rata 3 kegiatan pengabdian tiap tahunnya.
1.   Penyelenggaraan kegiatan PKM dengan pendekatan dan tema yang lebih sesuai dan menarik bagi masyarakat melalui program terpadu dan berkelanjutan.
2.   Meningkatkan jumlah kerja sama dengan lembaga-lembaga yang mampu mendukung  kegiatan PKM.

1.2.      Sosialisasi
Agar dapat diketahui dan dipahami oleh seluruh civitas akademika dan para pemangku kepentingan (stakeholder), maka Visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Ekonomi Pembangunan disosialisasikan melalui:
1.    Soialisasi dalam bentuk pertemuan umum yang melibatkan civitas akademika dalam lingkup Program Studi Ekonomi Pembangunan
2.    Masa orientasi bagi mahasiswa baru.
3.  Menuliskan pernyataan visi dan misi dan ditempelkan di tempat-tempat strategis seperti ruang tunggu jurusan, ruang ketua jurusan, ruang rapat, auditorium, laboratorium, perpustakaan, ruang dosen, serta ruang kelas.
4.  Menampilkan visi dan misi pada website Fakultas Ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar